Jumat, 06 Mei 2011

hipnotis

Banyak orang termasuk saya sendiri mengira bahwa kata Hypnosis atau Hypnotis identik dengan penipuan, kejahatan yang dapat merugikan banyak orang. itu karena sedikitnya wawasan tentang hynosis itu sendiri. tapi setelah membaca buku Adi W. Gunawan yang mengulas tuntas tentang Hypnosis saya menjadi mengerti bahwa Hypnosis tidak selalu membawa kejahatan, bahkan sebaliknya, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan hypnosis. Tergantung pada siapa dan bagaimana kita menggunakan hypnosis.
Hypnosis itu sendiri adalah suatu kondisi yang menyerupai tidur yang dapat secara sengaja dilakukan kepada orang, dimana mereka akan memberikan respons pada pertanyaan yang diajukan dan sangat terbuka dan sangat respektif terhadap sugesti yang diberikan oleh Hypnotis. Kata hypnotis adalah sebutan untuk orang yang melakukan hypnosis, sedangkan orang yang dihypnosis biasanya disebut subjek.
Banyak dokter menggunakan hyonosis untuk mengobati pasien. Dengan menggunakan hynosis, selain dapat mengurangi rasa sakit, pasien akan merasa memiliki semangat untuk sembuh.
Manusia memilki dua jenis pikiran yang sebenarnya merupakan satu kesatuan. Pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Kedua pikiran ini saling berkomunikasi dan bekerja dalam waktu yang bersamaan secara paralel.
Ketika seorang hypnotis sedang menghypnosis subjek berarti dia sedang berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar subjek. Pikiran bawah sadar manusia terbentuk sejak dalam kandungan. Pikiran bawah sadar manusia terletak di bagian otak yang disebut medulla oblongata. Sejak lahir hingga usia tiga tahun, apapun yang terjadi di sekitar kita baik itu hal positif maupun negatif, seperti gambar kata-kata, tindakan, nada, frekuensi suara manusia, akan langsung diserap dan masuk ke dalam pikiran bawah sadar. Kemampuan pikiran bawah sadar dalam menyerap informasi sama seperti kemampuan spons menyerap air. Pengalaman yang paling berkesan—yang mempunyai komponen emosi yang tinggi atau intens—akan menjadi informasi yang terekam sangat kuat dalam pikiran bawah sadar.
Pikiran bawah sadar mempunyai fungsi/menyimpan hal-hal berikut:
1.      kebiasaan (baik, buruk, dan refleks)
2.      emosi (bagaimana perasaan kita mengenai suatu keadaan, hal-hal tetentu dan terhadap orang lain)
3.      memori jangka panjang
4.      kepribadian
5.      intuisi
6.      kreatifitas
7.      presepsi
8.      belive dan value

Jika seseorang ingin merubah pandangan/sikap seseorang yang lainnya, maka ia harus meng-uninstall/membuang pandangan seseorang itu dalam pikiran bawah sadarnya untuk diganti dengan pandangan yang baru, karena pikiran bawah sadar tidak akan menerima begitu saja perintah untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan pandangan yang sudah terprogram terlebih dahulu dalam pikiran bawah sadarnya, sesuatu yang akan masuk ke dalam pikiran bawah sadar akan melewati filter terlebih dahulu, filter adalah yang bertindak sebagai suatu pengaman. Filter menyaring semua pikiran dan perilaku yang akan masuk ke pikiran bawah sadar, jika itu tidak sesuai dengan pikiran yang sudah terprogram lebih dulu maka filter akan menolaknya dan sesuatu tidak akan bisa menerobos masuk ke dalam pikiran bawah sadar meskipun itu adalah sesuatu yang positif. Contoh saja, ada seorang istri ingin merubah pandangan suaminya tentang kesulitannya berhenti merokok, suaminya selalu merasa dan yakin bahwa dia tidak akan bisa berhenti merokok meskipun sebenarnya dia sendiri menginginkannya. Keyakinan suaminya itu sudah terprogram terlebih dahulu dalam pikiran bawah sadarnya, jadi apabila sang istri ingin merubah keyakinan suaminya itu maka ia harus meng-uninstall atau membuang terlebih dahulu program sebelumnya—tidak bisa berhenti merokok—dengan program yang baru yakni “Pasti bisa berhenti”, kalimat itu harus ditanam dalam pikiran bawah sadarnya setelah program sebelumnya selesai dibuang.

Ada lima cara untuk bisa melewati filter dan masuk kedalam pikiran bawah sadar untuk mengun-install progaram lama dan menggantinya dengan program baru yaitu: pengulangan/repetisi, identifikasi kelompok/keluarga, ide yang disampaikan oleh figur yang dipandang memiliki otoritas, emosi yang intens, dan Hypnosis. Hypnosis adalah cara paling cepat dan efektif untuk bisa masuk ke pikiran bawah sadar dibanding cara lainnya.
Hynosis menawarkan satu cara yang sangat cepat untuk me-nonaktifkan filter mental dan masuk ke pikiran bawah sadar. Saat pikiran tidak sadar/ filter mental menjadi non aktif setiap sugesti yang diberikan memiliki kekuatan sembilan kali lebih kuat dibandingkan situasi biasa. Sugesti sama seperti program baru dan hypnosis memungkinkan kita untk meng-install program baru dengan capat tanpa gangguan dari pikiran sadar dalam berbagai pertanyaan yang biasa diajukan. Hal itu membuat perubahan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efektif.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hypnosis juga sangat bermanfaat bagi manusia, selain dapat membantu mengubah program yang buruk menjadi yang baik masih banyak manfaat lain yang dapat diperoleh dengan Hynosis diantaranya:
-          kita dapat secara sadar mengatur kondisi glombang otak kita
-          meningkatkan kreatifitas
-          meningkatkan daya ingat
-          relaksasi
-          manajemen stres
-          belajar dengan mudah dan cepat
-          merasa damai dan tenang
-          dll
           

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda